Berita

Nilai IKM DPMPTSP Kota Ternate Semester I Tahun 2023 Kategori B (Baik)

27 September 2023     Dibaca 169 kali

Tingkat Pelayanan Publik dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate pada semester awal tahun 2023 ini masuk kategori baik dengan nilai 84,74. Hal itu berdasarkan data hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) semester I tahun 2023, yang dilakukan oleh Surveyor Lembaga Penelitian dan Pengkajian Pembangunan Daerah (LP3D). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat dilakukan secara mandiri pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Ternate dengan membentuk tim pelaksana kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat.

Ketua LP3D Sahrony A. Hirto menyebutkan, hasil IKM terlihat bahwa pada Bulan Januari nilai IKM yang diperoleh adalah sebesar 84,88 yang setara dengan grade B. Pada Bulan Februari, terjadi penurunan IKM menjadi 80,77 yang masih pada grade yang sama dengan bulan sebelumnya.

Meskipun masih dengan grade B (baik), namun telah terjadi peningkatan nilai IKM pada Bulan Maret, di mana nilainya menjadi 83,66. Kenaikan nilai juga terjadi pada Bulan April menjadi 85,00 dan masih tetap berada pada grade B.

“Pada Akhir Semester 1 yaitu pada bulan Mei nilai IKM 86,88 dan mengalami terus peningkatan pada Bulan Juni 87,22 atau dapat mencapai grade B. Secara keseluruhan, rata-rata nilai IKM dalam 6 (enam) bulan tersebut adalah sebesar 84,74, atau memperoleh grade B,”katanya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Ternate, Drs. Bahtiar Teng mengatakan, Pelaksanaan Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate, secara umum menunjukkan ada kecenderungan peningkatan kualitas. Hal ini terlihat dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang diperoleh dari selama 6 (Enam) bulan awal tahun 2023 ini yaitu pada nilai 84,74 dengan Kategoi B (Baik). Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dilakukan untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh unit Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate.

Penyusunan survey kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Ternate, merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilaksanakan secara konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dilaksanakan dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik,”tambahnya.

Berita Lainnya