Berita

FGD Gemoy Oke Dorong Percepatan Dan Kemudahan Perizinan Berusaha di Kota Ternate

30 Juli 2024     Dibaca 58 kali

Project Leader Hartati Umaternate, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Gerakan Pendampingan Penanaman Modal dan Layanan Informasi Kegiatan Perizinan “Gemoy – Oke” di Tolire Cafe Kelurahan Takome. Pada FGD kali ini Project Leader menghadirkan Tim Efektif eksternal Gemoy Oke yang terdiri dari Balai POM Maluku Utara dan sejumlah OPD Teknis dilingkup Pemerintah Kota Ternate.

Project Leader Hartati Umaternate, SH, M.Si pada pembukaan FGD Menyampaikan tentang Rancangan Aksi Perubahan Gemoy Oke, yang dirancang pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan XI BPSDM Provinsi Maluku Tahun 2024. Pada penyampaian tersebut Project Leader memaparkan tentang tujuan dari aksi perubahan Gemoy Oke yang dibagi dalam 3 tahap implementasi yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang mana tujuannya adalah mempermudah investasi dan mempercepat pelayanan perizinan di Kota Ternate. “Pelaksanaan FGD pada hari ini merupakan implementasi jangka pendek dari aksi perubahan Gemoy – Oke, yang bertujuan untuk mengumpulkan gagasan, kritik dan saran untuk pengembangan penanaman modal dan perizinan di Kota Ternate”. Ungkap Project Leader Hartatati Umaternate, SH, M.Si.

Selanjutnya project Leader memaparkan tentang rencana jangka menengah dan jangka panjang yang mana pada pada jangka ini diharapkan seluruh sumber daya baik SDM dan sarana prasana pelayanan dapat berjalan efektif dan efisien. Salah satu yang didorong pada rencana jangka menengah dan jangka panjang ini adalah hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Ternate sebagai wujud nyata kemudahan pelayanan perizinan di Kota Ternate. Hartati berharap, seluruh tim efektif eksternal dapat memberikan dukungan atas implementasi rancangan aksi perubahan Gemoy Oke ini, karena bagaimanapun juga tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan berusaha dan investasi di Kota Ternate yang nantinya berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala DPMPTSP Kota Ternate Drs. Bahtiar Teng yang juga selaku mentor pada aksi perubahan ini menyampaikan dukungan yang penuh atas aksi perubahan Gemoy Oke dan berharap para pimpinan OPD Teknis dan institusi terkait pelayanan perizinan dapat juga memberikan dukungan atas atas aksi perubahan Gemoy - Oke ini. Sehingga dengan komitmen bersama ini kita dapat mewujudkan percepatan dan kemudahan perizinan berusaha di Kota Ternate ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, Balai POM Maluku utara sebagai penanya pertama menyampaikan tentang dukungan atas Aksi Perubahan Gemoy Oke ini, serta dukungan yang penuh pula atas rencana kehadiran Mall Pelayanan Publik dan siap menempatkan gerai BPOM Malut pada Mall Pelayanan Publik Kota Ternate. Menjawab hal tersebut, Project Leader memberikan apresiasi yang setinggi-tinginya atas dukungan untuk aksi perubahan Gemoy Oke dari BPOM Malut dan terkait Kesedian BPOM menempatkan gerai pelayanan di MPP merupakan salah satu dukungan yang kuat bagi Pemerintah Kota Ternate untuk sesegera mungkin menghadirkan MPP untuk masyarakat Kota Ternate. Kepala DPMPTSP Juga menambahkan, terkait MPP dalam waktu dekat DPMPTSP Kota Ternate akan menghadirkan gerai pelayanan sebagai bentuk kecil dari MPP. Pada gerai pelayanan tersebut nantinya akan ditempatkan beberapa instansi teknis yang memang intensitas pelayanan perizinannya agak tinggi seperi Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan, jika BPOM bersedia maka gerai pelayanan DPMPTSP akan menyediakan ruang buat ditempatkannya pelayanan BPOM Malut.

Sesi tanya jawab dilanjutkan dari OPD teknis Dinas PUPR dan Dinas Koperasi UMKM yang mana kedua OPD teknis tersebut mendukung sepenuhnya Aksi Perubahan Gerakan Pendampingan Penanaman Modal dan Layanan Informasi Kegiatan Perizinan “Gemoy – Oke”.

Berita Lainnya