Silahkan Hubungi Kami!
Alamat pengiriman email
DPMPTSP Kota Ternate kembali meraih nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang memuaskan sesuasi dengan data Survey Kepuasan Masyarakat untuk semester I tahun 2024. Nilai IKM yang diperoleh DPMPTSP untuk semester I ini 89, 68 dengan mutu pelayanan A (sangat Baik). Hal itu berdasarkan data hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) semester I tahun 2024, yang dilakukan oleh Surveyor Lembaga Penelitian dan Pengkajian Pembangunan Daerah (LP3D). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat dilakukan secara mandiri pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Ternate dengan membentuk tim pelaksana kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat pada bulan Janauri hingga Juni tahun 2024.
Sesuai data hasil survey, kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP Kota Ternate memiliki tren yang sangat baik dan terus meningkat dari Januari hingga Juni 2024. Puncak nilai kepuasan sendiri pada bulan Juni 2024 pada angka 93, 44. Tren yang terus menaik dan terjaga dengan baik inilah yang menghasilkan nilai 89,68 dengan predikat mutu pelayanan sangat baik.
Kepala DPMPTSP Kota Ternate Drs. Bahtiar Teng menyampaikan, nilai IKM yang diperoleh DPMPTSP Kota Ternate cenderung selalu berada pada grade yang sangat baik. Hal ini menandakan bahwa Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate, secara umum menunjukkan peningkatan kualitas yang sangat baik. Hal ini terlihat dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang diperoleh dari selama 6 (Enam) bulan awal tahun 2024. Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dilakukan untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh unit Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate.
Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) sendiri dilaksanakan dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Penyusunan survey kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Ternate, merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilaksanakan secara konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat.
Untuk itulah, Kepala DPMPTSP Kota Ternate berharap agar nilai IKM ini agar terus dipertahankan untuk tahun-tahun kepedannya dengan cara tetap menjaga kualitas pelayanan yang baik dan maksimal sesuai dengan moto pelayanan yang ada yaitu cepat tanggap, cepat oleh, cepat tindak dan cepat tuntas. Sehingga masyarakat dapat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP Kota Ternate.