Berita

DPMPTSP Kota Ternate Catat 2.286 Pelayanan Tatap Muka Selama Tahun 2023 Dengan Mutu Pelayanan Sangat Baik Sesuai SKM

14 Januari 2024     Dibaca 73 kali

Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan publik terkait pelayanan perizinan di Kota Ternate, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) selalu berkomitmen untuk menerapkan budaya pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Kota Ternate. OPD yang melekat dengan julukan Kantor Bahagia ini menerapkan moto pelayanan 4c : Cepat Tanggap, Cepat olah, Cepat Tindak dan Cepat Tuntas untuk seluruh pelayanan yang ada di DPMPTSP Kota Ternate. dengan moto pelayanan inilah yang membuat DPMPTSP Kota Ternate selalu menjaga konsistensi pada setiap penilaian kinerja pelayanan baik dari Kemenpan RB dan juga Ombudsman RI.

Pada tahun 2023 sendiri, DPMPTSP Kota Ternate mencatat telah melayani pelayanan tatap muka sebanyak 2.286 untuk pelayanan perizinan berusaha dan non berusaha. Dari 2.286 ini tercatat tidak adanya pelaporan atas pengaduan pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP Kota Ternate. Hal ini merupakan sebuah prestasi DPMPTSP Kota Ternate dan akan terus dipertahankan untuk pelayanan kedepannya.

Terkait kualitas pelayanan sendiri, DPMPTSP Kota Ternate menggandeng pihak akademis untuk membuat Survey kepuasan Masyarakat (SKM) yang dinilai per-semester tahun berjalan. Data yang diperoleh, semester I tahun 2023 (Januari-Juni) DPMPTSP Kota Ternate mendapatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 84,74 dengan Mutu pelayanan B (Baik) dan Pada semester II tahun 2023 memperoleh nilai 88,31 dengan mutu pelayanan A (sangat baik). Dari data SKM inilah dapat disimpulkan bahwa masyarakat Kota Ternate menilai kualitas pelayanan di DPMPTSP Kota Ternate masuk kategori pelayanan yang terbaik.

Kepala DPMPTSP Kota Ternate Drs. Bahtiar Teng menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pamong Izin yang ada di Kantor Bahagia DPMPTSP Kota Ternate baik staf maupun analis dan pejabat struktural yang telah memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Ternate selama pengurusan pelayanan perizinan di kantor DPMPTSP. Ini adalah prestasi yang setiap tahun kita selalu raih dan akan terus kita pertahankan, karena selain sebuah prestasi pelayanan terbaik ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Kepala DPMPTSP Kota Ternate juga berharap kedepannya pelayanan yang diberikan akan lebih baik lagi dan meminta kepada seluruh karyawan untuk dapat berinovasi agar nantinya DPMPTSP Kota Ternate dapat terus menjadi instansi Pemerintah Kota Ternate yang dicintai oleh seluruh masyarakat Kota Ternate.

Berita Lainnya