Berita

DPMPTSP Gelar Bimtek Pamong Izin Kelurahan

24 Agustus 2023     Dibaca 97 kali

Memasuki bulan Agustus 2023, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate telah selesai melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis OSS (Online Single Submission) bagi aparatur kelurahan se-Kota Ternate. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan pamong izin di kelurahan yang akan bertugas melaksanakan inovasi Pendampingan Untuk Layanan Izin (PEDULI) UMKM di kelurahan masing-masing.

Kepala DPMPTSP Kota Ternate, Drs. Bahtiar Teng mengatakan bahwa Peduli UMKM atau pendampingan untuk layanan izin bagi UMKM merupakan inovasi DPMPTSP berupa layanan perbantuan perizinan berusaha yang ditujukan untuk pelaku UMKM, agar mereka memperoleh kemudahan dalam perizinan berusaha.

"Alhamdulillah pada tahun 2023 ini kami melakukan pengembangan inovasi, yang tadinya pendampingan dilakukan oleh pamong izin dari DPMPTSP dengan cara mobile atau turun langsung ke lapangan, kini ada peningkatan kolaborasi lintas sektor dengan keterlibatan aparatur kelurahan sebagai pamong izin yang akan membantu masyarakat di kelurahan setempat, agar pelayanan lebih dekat dan lebih cepat".

Lebih lanjut Sekretaris DPMPTSP Nuryani Amra, S.STP, M.Si selaku Koordinator Inovasi Pamong Izin Peduli UMKM menyampaikan bahwa pamong izin memberikan pelayanan secara gratis dan izinnya langsung jadi karena langsung diproses melalui OSS. Ditambahkannya proses perizinan berusaha melalui OSS dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja asalkan terkoneksi jaringan internet. "Nah.. jika ada kendala saat mengakses OSS, masyarakat bisa menghubungi pamong izin melalui call center 085391969588 atau datang ke kantor lurah terdekat"jelasnya.

Kegiatan sosialisasi dan bimtek untuk Pamong Izin Kelurahan ini sudah dilakukan dari awal tahun 2023.

"Kami melakukan konsolidasi dengan para lurah dan menyiapkan pamong izin di semua kelurahan. InsyaAllah pada bulan Agustus ini, saat kita memperingati hari kemerdekaan ke-78, Pamong Izin di 78 Kelurahanpun telah siap melaksanakan "Peduli UMKM" atau Pendampingan untuk layanan izin bagi UMKM"

Berita Lainnya